Rabu, 06 Februari 2013

MENEMBUS DAN MENGATASI BATAS PERSEPSI

MENEMBUS DAN MENGATASI BATAS PERSEPSI
2 TIMOTIUS 4:1-5

Menurut teman-teman, punuknya unta yang seperti bukit kecil itu, isinya apa? Pasti dengan cepat, teman-teman akan menjawab “air.”
Mengapa teman-teman bisa menjawab seyakin itu? Itu karena persepsi pada umumnya menganggap punuk unta itu isinya air sehingga unta bisa bertahan berhari-hari di padang pasir tanpa minum air. Persepsi umum adalah pendapat kebanyakan orang. Dari mana persepsi umum teman-teman berasal? Dari menonton TV, media sosial atau percakapan dengan orang lain.
Apakah benar punuk unta isinya air? Salah!
Punuk Unta tersusun atas lemak, namun jika Unta membutuhkan air maka lemak itu akan luluh menjadi air yang mengalir lewat hidung lalu masuk ke mulutnya.
Media telah menguasai persepsi kita. Apa yang dikatakan oleh media seringkali menjadi kebenaran bagi kita, tanpa kita kritisi terlebih dahulu.
Dalam 2 Timotius 4: 5, Timotius dinasihatkan “Kuasailah dirimu dalam segala hal,” di tengah banyaknya persepsi yang belum dapat dipastikan kebenarannya.
Teman-teman, pesan itu bukan hanya untuk Timotius, tetapi juga untuk kita. Media telah menawarkan banyak hal yang menarik, yang akan membentuk persepsi kita. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati terhadap setiap informasi yang kita dapatkan. Kuasailah diri kita, jangan langsung diterima begitu saja sebagai suatu kebenaran. Kita harus mengkritisinya atau memikirkannya kembali. 

Nuryanto Gracia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar