Kamis, 26 Desember 2013

TANTANGAN DAN PELUANG



TANTANGAN DAN PELUANG
BILANGAN 13:25-33

Dalam satu tantangan terdapat banyak peluang. Misal, kamu ‘nembak’ orang yang kamu suka, lalu ditolak. Kamu dapat tantangan apakah kamu dapat menerimanya atau tidak. Jika kamu dapat menerimanya maka kamu akan mendapatkan beberapa peluang. Pertama, kamu mendapatkan peluang untuk melayakkan diri (istilah Mario Teguh). Kamu membenahi diri menjadi lebih baik. Kedua, kamu mendapatkan peluang untuk bisa mendapatkan pasangan yang lebih baik. Ketiga, kamu mendapatkan peluang untuk fokus terlebih dahulu dengan sekolah dan berkarya. Keempat, kamu mendapatkan peluang untuk mempunyai waktu dengan teman dan keluarga lebih banyak. Mungkin saat kamu pacaran, waktu untuk teman dan keluarga tidak lagi tersedia.
Begitu juga dengan tantangan lain yang datang dalam hidup kita. Kita bisa melihatnya sebagai peluang. Mungkin tantangan menjomblo, putus dari pacar, hidup dalam keluarga yang berantangan atau bahkan sampai tantangan tidak naik kelas. Apapun tantangannya jangan kabur, cobalah untuk menghadapinya.
Jangan seperti 10 pengintai yang ketakutan dan berusaha kabur dari tantangan untuk masuk ke tanah kanaan. Jadilah seperti Kaleb dan Yosua yang dengan penuh keyakinan menghadapi tantangan tersebut. Mereka yakin, jika Tuhan berkehendak pasti mereka dapat menduduki negeri tersebut (Bilangan 13:30; 14:8).
Apapun tantangan yang datang menghadang kita, ingatlah bahwa tantangan tidak pernah datang sendiri. Dia selalu datang bersama banyak peluang. Mau mendapatkan peluang tersebut? Hadapilah dahulu tantangannya.

Nuryanto Gracia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar