Kamis, 29 Agustus 2013

INI ATAU ITU?



INI ATAU ITU?
1 Raj 3:16-28
Adakah yang selama hidup, sekalipun tidak pernah memilih? Mungkin waktu akan hadir ke dunia, kita tidak bisa memilih apapun. Semua serba ditentukan. Kita ga bisa memilih mau lahir di negara mana dan dalam keluarga siapa.
Namun ketika kita sudah hadir di bumi, kita diberikan kebebasan penuh oleh Tuhan untuk memilih, sehingga seluruh hidup kita penuh dengan rentetan pilihan. Rentetan pilihan itu bisa juga diikuti oleh rentetan kesalahan dan penyesalan. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati ketika memilih agar hidup kita tidak dipenuhi oleh rentetan kesalahan dan penyesalan.
Dalam 1 Raj 3: 16-28, kita mendapatkan bahwa Salomo diperhadapkan juga pada sebuah pilihan. PIlihan untuk menyerahkan bayi itu kepada ibu yang kesatu atau kedua. Sebelum menetapkan pilihan, Salomo melakukan pengujian terlebih dahulu agar tidak salah pilih. Jika salah pilih, efek kesalahannya bukan hanya dirasakan Salomo tapi juga dirasakan oleh ibu asli dari bayi itu dan sang bayi kelak jika dewasa.
Melakukan pengujian sebelum memilih memang harus dilakukan agar setiap pilihan diperhitungkan dengan baik. Selain pengujian, yang diperlukan agar tidak salah memilih adalah hikmat dari Allah. Hikmat dari Allah menuntun kita agar memilih sesuai kehendak Tuhan sehingga kita terhindar dari rentetan kesalahan dan penyesalan. Sudahkah kamu melibatkan Tuhan dalam setiap pilihanmu?

Nuryanto Gracia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar