Kamis, 29 Agustus 2013

TUAIAN BANYAK, PENUAI SEDIKIT

TUAIAN BANYAK, PENUAI SEDIKIT

(Mat 9: 35-38)

Biasanya, kalo mau ngasih semangat ke diri sendiri, atau ke teman yang mau ujian, kita ngucapin apa? “do the best, and God will do the rest,” bener ga? 
Kita sering menjadikan kata-kata itu sebagai status di media sosial kita. Tapi, sadarkah kita, kata-kata itu tidak terlalu tepat?
Kata-kata itu seakan-akan ingin mengatakan bahwa kita memberikan Tuhan ‘sisa’. Loh, Tuhan kok dikasih sisa? Seharusnya yang lebih tepat itu “God has done the best, we just do the rest”. Tuhan lah yang telah melakukan hal terbaik, kita hanya melakukan ‘sisa’nya.
Dalam Mat 9: 37, Yesus membicarakan tentang tuaian dan para pekerjanya/ penuai setelah Yesus melakukan pekerjaan-Nya (35-36). Yesus telah melakukan pekerjaan terbaik, dan Yesus mengundang murid-muridNya untuk meneruskan ‘sisa’ pekerjaanNya sebagai penuai dalam perikop tersebut.
Dalam kehidupan kita sekarang, Allah juga telah melakukan pekerjaan terbaikNya. Kini kita semua diundang untuk meneruskan pekerjaanNya melalui kehidupan kita sehari-hari. Maukah kita melanjutkannya?  Tuhan telah menciptakan otak  yang luar biasa.  Maukah kita menggunakannya untuk belajar dengan baik? Tuhan telah memberikan kita kesehatan. Maukah kita menjalani hari-hari dengan baik? Tuhan telah memberikan kita tangan. Maukah kita menggunakannya untuk hal-hal yang baik? Tuhan telah memberikan kita kaki. Maukah kita melangkah ke tempat-tempat yang baik? Tuhan telah memberikan kita mata. Maukah kita melihat hal-hal yang baik? Tuhan telah memberikan kita mulut. Maukah kita membicarakan hal-hal yang baik? Tuhan telah memberikan kita telinga. Maukah kita mendengar keluh kesah orang lain dengan baik? God has done the best, we just do the rest.

Nuryanto Gracia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar