Kamis, 29 Agustus 2013

BERANI BERKATA TIDAK



BERANI BERKATA TIDAK
1 SAMUEL 26:7-11
“Anak gaul.” Remaja sekarang suka sekali dijuluki seperti itu. Padahal setiap komunitas mempunyai tuntutannya sendiri agar dapat disebut anak gaul. Remaja gank motor akan menyebut diri mereka anak gaul jika mereka bisa ngebut-ngebutan. Remaja  yang suka fashion akan menyebut diri mereka anak gaul jika mereka mengikuti perkembangan fashion masa kini. Remaja yang gemar gadget akan menyebut diri mereka anak gaul jika mereka mempunyai gadget terbaru. Anak yang suka seks bebas akan menyebut diri mereka anak gaul jika sudah pernah berhubungan seks dengan pacarnya
Tanpa sadar, kita sedang disudutkan dengan sebutan anak gaul. Ketika tersudut akhirnya mau ga mau kita mengikuti mereka demi dapat tetap dipuji semua teman karena kita anak gaul. Padahal, apapun yang kita lakukan, tidak semua orang akan memuji, pasti tetap akan ada yang menjelek-jelekkan kita di belakang kita. Oleh karena itu, ketika tersudut cobalah untuk berpikir tenang, dan pikirkan segala sesuatunya dengan matang. Tidak semua tuntutan teman-temanmu harus dipenuhi, karena tidak semua tuntutan temanmu baik. Jika tuntutan temanmu akan membuat dirimu menjadi seorang remaja yang lebih baik, lakukan. Jika tuntutan mereka justru membuatmu menjadi remaja yang semakin berantakan, beranilah untuk mengatakan tidak.
Daud juga pernah dibujuk oleh temannya, Abisai, agar membunuh Saul. Selama ini Daud selalu dikejar-kejar dan ingin dibunuh oleh Saul. Ketika ada kesempatan dan juga dibujuk oleh temannya, seharusnya bisa saja Daud mengiyakan permintaan temannya, apalagi temannya memberikan bujukan yang tampaknya tidak terlalu kejam (baca 1 Sam 26:8). Namun dengan tegas Daud menolak permintaan tersebut. Mengapa? Karena Daud memiliki prinsip (baca 1 Sam 16:9).
Jika kita memiliki prinsip, maka kita tidak akan mudah ikut-ikutan dengan tuntutan teman. Apa prinsip kita? Sehati dan sepikir dengan Kristus. Jika ada tuntutan dari teman yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang Kristus ajarkan, katakanlah TIDAK. 

Nuryanto Gracia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar